Perangkat Tarbiyah Ikhwanul Muslimin

Perangkat Tarbiyah Ikhwanul Muslimin
Penulis: Ali Abdul Halim Mahmud
Penerbit: Era Intermedia
Berat: -

Harga: Rp. 75.000 (diskon 25%)
Harga: Rp. 56.250

Buku Perangkat Tarbiyah Ikhwanul Muslimin ini memaparkan anatomi gerakan Ikhwan, mulai dari yang filosofis hingga yang sangat teknis. Spesifikasi objek kajian yang diambil adalah perangkat-perangkat tarbiyah yang selama ini diterapkan oleh gerakan Ikhwan dalam membina keder-kadernya

Tarbiyah Islamiyah merupakan proses penyiapan manusia yang shalih agar tercipta suatu keseimbangan dalam potensi, tujuan, ucapan, dan tindakan secara keseluruhan.

Tujuan tarbiyah islamiyah secara umum untuk menciptakan kondisi yang kondusif bagi manusia untuk dapat hidup di dunia secara lurus dan baik, serta hidup di akhirat dengan naungan dan ridha dari Allah SWT.

Poin-poin tujuan tarbiyah itu:

  • Ibadah (QS.Adz-dzariat 56)
  • Tegaknya Khilafah Allah di muka bumi (Qs. Al-Baqarah 30)
  • Saling mengenal sesama manusia (Qs Al-hujurat 13)
  • Kepemimpinan dunia (Qs. An-nur  55)
  • Menghukum dengan syariat (Qs. Al-Jatsiyah 18 dan Qs. Al-maidah 49)
  • Perangkat tarbiyah yang digunakan  beragam dan secara bertahap. Beragam berarti ada yang umum dan ada yang khusus. Bertahap dari keterikatan secara umum, lalu keterikatan dalam persaudaraan, kerterikatan dalam aktivitas, hingga keterikatan dalam jihad.

Perangkat-perangkat tatbiyah yang digunakan dan yang komprehensif itu diantaranya:

  • Usrah
    Bagi Ikhwanul Muslimin usrah merupakan bata-bata pertama dalam bangunan jamaah. Pondasi dalam tarbiyah yang terpenting. Merupakan bentuk tarbiyah terkecil namun paling penting dalam membangun karakter  anggotanya/Ikhwah.

    Usrah dapat dikatakan sebagai kumpulan orang yang terikat dengan kepentingan bersama, anggotanya seperti sebuah keluarga dan kerabatnya, menjadi perisai perlindungan yang kokoh bagi anggotanya.

    Tujuan usrah secara umum adalah membentuk kepribadian islami secara integral pada setiap individu muslim, mentarbiyah, dan mengembangkannya sesuai etika dan nilai islam.
  • Katibah
    Merupakan pola spesifik dalam mentarbiyah sekolompok anggota yang bertumpu pada tarbiyah ruhani, pelembutan hati, penyucian jiwa, dan membiasakan fisik beserta seluruh anggota badan  untuk melaksannkan ibadah secara umum, juga tahajud, dzikir, tadabur, dan berpikir kritis.
    Dalam jamaah ikhwah, katibah berarti kumpulan beberapa usrah. Setiap katibah harus selesai programnya dalam  40 pekan atau 40 kali pertemuan.
    Tujuan katibah secara umum adalah menciptakan keharmoniann bangunan kepribadian islam yang utuh pada seseorang, dekat dengan Allah, taat kepada-Nya.
  • Rihlah
    Katibah dan rihlah merupakan tarbiyah kolektif. Rihlah lebih tercurah pada aspek fisik. Umumnya dilakukan setiap sekali sebulan, biasanya dimulai setelah shalat subuh dan berakhir pada saat maghrib.
    Di dalam rihlah para peserta diberi kebebasan bergerak, berolah raga, berlatih, bersabar untuk bekerja secara sungguh-sungguh, serta menahan rasa haus dan lapar dengan kadar yang tidak mungkin diperoleh dalam pertemuan usrah, tidak juga katibah.
------------------------------------------------------

avatar

Toko Buku Ikhwan - Referensi Buku Muslim Negarawan

Info Order/Pemesanan Buku:

SMS/WA: 085799163188

Chat:

0 komentar:

Post a Comment

 
Toko Buku Ikhwan - Referensi Buku Muslim Negarawan Template Style: Shopping Cart | Support Blogger